Konsumsi Madu sebelum Tidur bisa Bikin Berat Badan Turun

Ini tentunya berita baik bagi yang sedang menurunkan berat badan. Meskipun sebenarnya tidak sesederhana dengan yang diwacanakan, masih proses panjang dalam mengatur pola makan dan diet yang dilakukan. Bila ingin turun berat badan, juga harus merubah pola kebiasaan aktifitas sehari-harinya. Konsumsi madu hanyalah perubahan pola konsumsi gula atau kalori dengan yang lebih sehat.

Sebenarnya sudah sejak lama madu memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan. Hanya perubahan dalam penyediaan jenis madu membuat kualitas madu menjadi menurun. Madu yang telah diproses biasanya lebih banyak kandungan gula atau kalorinya bila dibandingkan madu yang masih asli atau alami. Ini membuat diet menjadi tidak berbeda sama sekali bila masih menggunakan madu yang tidak alami.

Memang cukup sulit untuk mendapatkan madu yang alami, itupun dengan harga yang relative lebih mahal dengan madu yang sudah diproses. Padahal ada perbedaan struktur signifikan antara madu alami dengan madu buatan, dan ini tentunya madu yang dimaksud adalah konsumsi madu yang alami. Jadi bukan madu yang dijajakan di supermarket, yang diberi label madu asli, dengan rasa ini, atau rasa itu.

Madu asli memang memiliki kandungan nutrisi yang unik, kandungan gulanya berjenis fruktosa yang tahan lama, tidak memberi lonjakan yang tinggi pada kadar gula darah. Justru memiliki ketahanan yang tinggi di gula darah, ini sangat baik buat orang kencing manis karena tidak memberi lonjakan gula darah yang berarti, bahkan membuat gula darahnya stabil. Pada orang yang mudah lapar, madu bisa menetralisir rasa lapar tersebut.

Ini terjadi sebagai mekanisme metabolisme di otak, dimana sel otak yang biasanya diberi gula dengan lonjakan yang tinggi lalu habis kalorinya, akan selalu merasa kekurangan pasokan gula. Akibatnya selalu memerintahkan untuk makan dan makan untuk memenuhi kebutuhan kalori di sel otak ini. Lalu dengan mengganti madu maka terjadi perubahan di sel otak.

Mereka cenderung lebih kenyang dan tidak mengkonsumsi makanan yang berarti. Akibatnya bila pasokan gula atau kalori turun, akan membuat berat badan turun secara otomatis. Ini juga harus diikuti dengan mengkonsumsi makanan bergizi yang berserat, rendah kalori, karena yang berubah hanyalah mekanisme lapar, bukan konsumsi secara keseluruhan.

Konsumsi makanan sehari-hari juga harus berubah total, penggunaan gula sudah harus diganti dengan madu. Misal minum teh dengan campuran madu bukan dengan gula lagi, demikian pula saat makan roti, tidak lagi mengunakan selai yang manis, namun sudah harus diganti dengan madu. Memang madu akan mengganti semua pasokan gula yang digunakan pada diet sebelumnya.

Lalu konsumsi madu sebelum tidur memang akan merubah metabolisme gula secara keseluruhan. Metabolisme yang biasanya gula yang lonjakannya tinggi dan berjangka pendek, diganti dengan mode kalori dari madu yang lonjakannya rendah tapi memiliki jangka yang panjang. Jadi akan terjadi perubahan metabolisme gula secara permanent bila diikuti dengan perubahan konsumsi makanan sehari-hari, ini tentunya akan menurunkan berat badan dengan cepat.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger