Memanfaatkan Ruang di Bawah Tangga Rumah

Saat membangun rumah sering tidak terpikirkan akan ruangan kosong di bawah tangga. Baru terpikirkan saat terlihat lopong pada bagian di bawah tangga rumah. Padahal ruang kosong ini bisa dimanfaatkan untuk menambah keindahan interior rumah.

Paling sering biasanya ruang kosong di bawah tangga ini digunakan untuk gudang, tempat menaruh barang dan perkakas yang tidak perlu. Namun ada pula yang menggunakannya untuk ruang toilet tambahan. Meskipun ruangan ini kosong dengan bagian bawah tangga yang sering mengganggu untuk difungsikan sebagai sebuah tempat di rumah.

Jadinya ruang kosong ini hanya sebagai pelengkap tanpa tujuan yang jelas. Meskipun bila model tangga yang dibangun cukup bagus materialnya, maka tidak terlalu mengganggu keindahan interior rumah. Misal jenis tangga besi putar, tangga kayu berkelok, yang tidak terlalu menghilangkan keindahan interior rumah.

Namun pada jenis tangga jenis beton memang meninggalkan sisi tidak jelas di bagian bawah tangga. Meskipun kadang dengan menaruh barang atau perkakas yang tidak diperlukan di bawah tangga, bisa membuat tampak kotor dan mengganggu keindahan rumah. Kadang butuh skat untuk memisahkan fungsi dan membentuk sebuah interior rumah.

Memanfaatkan ruang di bawah tangga untuk toilet

Memang ini paling sering dilakukan, seiring dengan bertambahnya anggota keluarga, kebutuhan akan toilet semakin diperlukan. Biasanya tidak perlu membangun pilar utama seperti membuat sebuah ruangan baru, karena sudah ada batas dan hanya perlu skat penutup atau sekedar pintu untuk membuat ruang di bawah tangga ini menjadi toilet. Memang biaya yang diperlukan lebih sedikit ketimbang membangun ruang toilet yang baru.

Persoalannya hanya diperlukan akses  ke septitank untuk membuat bagian dari sebuah toilet. Biasanya ini tidak begitu bermasalah bila ruang bawah tangga ini sudah disiapkan sebelumnya, sehingga sudah disediakan akses ke septitank saat membangun toilet baru di bawah tangga. Namun yang jelas pengaturan yang jelas tentang tatat ruang sejak awal akan meminimalkan persoalan yang tidak terduga.

Memanfaatkan ruang bawah tangga sebagai gudang

Saat ruang garasi sudah penuh dengan barang, biasanya ruang bawah tangga bisa digunakan sebagai gudang. Hanya tinggal diberikan penutup atau skat, maka ruang di bawah tangga ini sudah bisa jadi gudang. Namun bila bisa menata barang dan perkakas dengan baik sebenarnya tidak diperlukan skat. Pengaturan dan tata letak akan membuat tempat bawah tangga ini terlihat rapi.

Justru dengan tanpa skat akan memudahkan mengatur dan menata barang maupun perkakas. Lain bila gudang tersebut tertutup biasanya bikin asal taruh, bahkan asal lempar barang ke gudang. Memang sudah harus dibiasakan mengatur barang dan perkakas di gudang, agar letaknya bisa optimal dan terlihat rapi serta indah dilihat.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger