Pengaruh Taman Kota dalam Menurunkan Stress

Perkembangan kota yang begitu cepat sering mengabaikan kebutuhan akan taman kota yang bisa digunakan untuk rileks dan bersantai. Padahal otak manusia sudah terbentuk untuk selalu tegang atau stress oleh kesibukan berbagai input dari aktifitas kota. Otak manusia akan menjadi lebih tenang dan rileks oleh pepohonan seperti di pedesaan atau hutan.

Sebuah penelitian di Inggris membenarkan aktifitas kota yang penuh dengan beragam stress memang bisa menurunkan usia harapan hidup. Sedang kehidupan pedesaan yang penuh dengan pepohonan dan lingkungan yang hijau cenderung membuat tenang dan meningkatkan usia harapan hidup. Namun begitulah kehidupan kota yang menawarkan berbagai kesempatan, tapi tidak untuk sebuah kehidupan.

Para peneliti ini melakukan scan otak kepada beberapa peserta dengan memberi gambar-gambar kota dan gambar pedesaan. Terlihat perubahan yang berbeda pada aktifitas otak saat ditunjukan gambar tersebut. Gambar pedesaan yang penuh dengan pepohonan memberi respon otak kedamaian dan ketenangan. Sedang gambar perkotaan membuat respon otak lebih aktif dan membuat tingkah laku lebih agresif.

Disini memang terlihat betapa pentingnya menyeimbangkan pola kehidupan yang penuh dengan stressor di perkotaan, maka perlu sekali taman kota yang bisa menurunkan stress dan menambah keindahan kota. Taman kota juga bisa menjadi tempat aktifitas bermain, berolahraga, dan berkumpul untuk aktifitas sosial. Taman kota juga bisa menjadi paru-paru kota dalam menurunkan polusi di perkotaan.

Memang di tengah pertumbuhan kota yang pesat, kebutuhan akan lahan menjadi semakin tinggi. Ini juga yang mendongkrak harga tanah menjadi semakin mahal, maka menyediakan sebuah taman kota bisa begitu mahal ongkosnya. Namun bila dilihat dari keuntungannya jauh lebih besar dari ongkos yang dihabiskan.

Namun beberapa otoritas kota nampaknya sudah menyadari akan kebutuhan sebuah taman kota. Dengan anggaran yang terbatas dan dukungan beberapa sponsor, beberapa taman kota mulai mengisi kehidupan kota. Memang seharusnya taman kota harus bebas dari lalu-lalang kendaraan bermotor.

Ada istilah seperti car free day yang harusnya tidak hanya di hari sabtu-minggu, melainkan di semua hari di sekitar taman kota. Akses di sekitar taman kota harus benar-benar bebas dari polusi kendaraan bermotor. Karena polusi kendaraan bermotor juga bisa menurunkan kesehatan tubuh.

Memang rasio luas taman kota harus sudah dirubah peruntukannya di perkotaan. Dimana taman kota harus lebih banyak lagi, banyak bangunan fasilitas umum maupun layanan umum yang bisa dirubah menjadi taman kota. Memang peruntukan lahan harus dikembalikan ketersediaan lahan hijau yang lebih luas lagi.

Taman kota akan memberi banyak manfaat bagi penghuni kota dalam menurunkan stress. Taman kota akan bisa menjadi tempat hiburan, menenangkan diri, dan aktifitas social maupun sebagai tempat berolahraga. Kota yang memiliki banyak taman kota akan meningkatkan nilai kota tersebut.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger