Bunga Lavender dan Khasiatnya

Sudah sejak lama bunga lavender digunakan banyak orang, baik untuk pengobatan maupun untuk kosmetika. Bunga ini memang memiliki khasiat yang beragam, dan warna bunga yang ungu ini banyak memikat hati para wanita. Bunga ini memang begitu ajaib, sehingga memiliki peran penting sebagai tanaman herbal.

Bunga lavender juga memiliki aroma yang wangi dan bisa digunakan untuk mengusir nyamuk. Wajar bila bunga lavender dijadikan bahan obat nyamuk di dunia industri. Banyak petani yang menyukai bunga ini karena memang memiliki manfaat ekonomis yang tinggi.

Dulu orang paling sering melakukan ekstrak pada bunga lavender ini untuk mendapatkan minyaknya. Cara ini sudah dikenal jauh pada abad pertengahan di kawasan mediterania. Ekstrak bunga lavender ini dijadikan minyak aromaterapi, minyak wangi, bahan untuk perawatan rambut dan kulit, serta untuk kesehatan.

Memang khasiatnya yang beragam ini membuat bunga lavender ini bernilai tinggi. Bunga ini begitu mudah didapatkan di penjual bunga, hampir semuanya akan memiliki jenis tanaman ini. Meskipun dalam penggunaannya masih tergantung pada metode ekstrak yang dilakukan.

Sebenarnya cara ekstrak bunga lavender ini menjadi inti dari khasiat bunga lavender. Dalam perkembangannya mulai banyak dikenal cara ekstrak yang efektif untuk mendapatkan minyak lavender. Memang banyak yang lebih menyukai ekstrak sendiri bunga lavender, karena lebih segar, fresh dan alami.

Beberapa campuran memang ditambahkan pada ekstrak minyak lavender ini. Meskipun pada akhirnya memiliki manfaat tambahan sesuai dengan campuran yang diberikan. Namun khasiat minyak lavender masih menjadi primadonanya.

Minyak lavender memiliki manfaat yang khas dan dominant di semua campuran yang dibuat. Salah satu yang paling menarik adalah khasiat aromaterapi yang dimiliki bunga lavender. Ini membuat bunga lavender bisa mengisi semua spektrum bahan maupun bentuk sebuah produk.

Ambil contoh saja penggunaan khasiat aromaterapi untuk produk perawatan kulit. Meskipun yang diambil adalah khasiat aromaterapinya, namun juga klop dengan produk perawatan kulit. Bahkan bersinergi menjadi produk yang padu dan memberi manfaat ganda pada produk tersebut.

Aromaterapi memang mengisi lembaran bunga lavender dan menumbang banyak manfaat pada bunga lavender ini, sehingga julukan sang aromaterapi menempel pada bunga lavender. Sebenarnya banyak manfaat tersembunyi yang masih bisa digali. Namun pada akhirnya menyatu dengan bahan yang dicampur dengannya.

Ini seperti memberi khasiat ganda pada sebuah bahan yang dikombinasikan dengan minyak lavender. Seperti ada reaksi ajaib saat percampuran dilakukan pada minyak lavender ini. Sehingga pada akhirnya bunga lavender memiliki khasiat melebihi dari sebuah aromaterapi.

Namun yang pasti bunga lavender adalah bunga herbal, bunga yang banyak memiliki banyak manfaat. Baik untuk kesehatan maupun untuk kosmetika, maka cukup wajar untuk memiliki bunga lavender di halaman maupun kebun di rumah. Bunga lavender bisa menjadi bunga yang wajib karena manfaatnya yang banyak sekali.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger