Desain Ruangan Bermain Anak

Dalam mendesain interior ruangan untuk tempat bermain bagi anak, dibutuhkan perencanaan yang sesuai dengan pertumbuhan anak. Juga penggunaan asessoris bermain dalam interior ruangan menjadi hal pokok dalam aplikasinya. Memang ruangan akan cenderung lebih fun  rmenjadi media pendidikan bagi anak.

Salah satu yang mendasar adalah membagi ruang bermain anak, ini bila ruang bermainnya cukup besar. Pembagian ini bisa dengan menggunakan skat dari tirai atau skat dari rak lemari yang bisa disusun sesuai usia anak. Pembagian ruang ini tidak harus statis, bisa dinamis mengikuti usia pertumbuhan anak.

Bila ruangan tidak cukup besar atau minimalis, maka bisa menggunakan skat tirai yang dinamis dan disesuaikan dengan usia anak. Biasanya anak akan menyukai tirai yang lebih berwarna dan bergambar. Seperti menampilkan gambar-gambar kartun atau tokoh anak-anak yang lagi popular.

Demikian pula dengan pencahayaan, biasanya penggunaan lampu dinding lebih bagus dibandingkan lampu tunggal di langit-langit. Memang bisa disesuaikam dengan luasnya ruangan dan desain interior yang akan digagas. Namun lampu dinding tetap lebih bagus, sambil ditambahkan hiasan di dinding yang menampilkan asesoris atau ornament buat anak.

Warna lampu juga harusnya cukup terang dan memiliki warna yang menarik dan menyenangkan bagi anak. Bahkan kalau bisa lebih berwarna dan membuat suasana menjadi lebih fun. Memang warna dari cahaya ruangan akan menampilkan hal positif bagi anak.

Pada desain lantai, juga harus diberikan keramik yang nyaman buat anak. Keramik yang cukup nyaman buat bermain dan tidak membahayakan bagi anak-anak. Satu lagi yang terpenting perlu ditambahkan poster atau gambar di keramik lantai dengan kartun atau gambar kesukaan mereka.

Demikian pula dengan furniture yang akan digunakan juga harus merupakan bentuk bermain bagi anak. Beberapa karakter kartun bisa menjadi bentuk bagi meja, kursi maupun lemari yang mengisi ruangan anak tersebut. Biasanya tidak terlalu sulit mengisi ornament-ornamen yang penting dan fun bagi anak.

Namun yang lebih diprioritaskan adalah desain ruangan yang nyaman dan aman buat anak bermain. Semuanya harus diteliti kondisinya, tidak boleh ada benda tajam atau ornament yang tajam yang bisa melukai anak. Juga sisi atau kisi-kisi furniture harus cukup memiliki lekukan yang halus dan tidak lancip, ini akan memproteksi dari trauma pada anak saat bermain.

Memang perlu perencanaan yang matang sebelum memutuskan melengkapi ruangan dengan furniture maupun asesoris bagi bermain anak. Beberapa contoh desain interior bisa dcontoh dari template yang sudah ada, tinggal dipadu dengan luas ruangan yang dimiliki. Bila cukup besar biasanya akan lebih mudah mengaturnya, meskipun dengan luas yang kecil atau minimalis juga bisa diatur agar lebih nyaman dan fun buat bermain anak.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger