Khasiat Daun Pepaya

Banyak yang tidak menyukai daun pepaya, hanya karena rasanya yang pait saat dikonsumsi. Padahal daun papaya ini memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Daun pepaya juga berguna untuk perawatan kulit wajah, tanpa harus mengkosumsinya.

Memang selama ini rasa pahit sering menjadi momok atau hambatan untuk mendapatkan khasiat dari daun pepaya. Padahal bisa saja dengan dioleh secara cerdik rasa pahitnya bisa berkurang. Bahkan beberapa racikan dengan dedaunan lainnya bisa menghilangkan rasa pahitnya.

Daun pepaya juga berguna untuk melunakan daging yang akan dimasak, para pebisnis kuliner sudah hafal betul dengan khasiat daun pepaya ini. Bahkan saking antusiasnya sampai sering kehabisan daun pepaya. Memang tanaman pepaya semakin langkah karena lebih senang mengkonsumsi buah impor, akibatnya kegiatan tanam-mananam diabaikan.

Padahal bila menanam pohon pepaya akan memperoleh banyak manfaat, mulai dari buah, daun, bunga, dan akarnya. Bahkan beberapa orang juga bisa memanfaatkan batangnya, untuk usaha perikanan. Memang bila dirunut banyak sekali manfaat ekologi dari tanam-tanaman yang sering diabaikan, padahal bisa jadi lebih murah daripada harus membeli obat-obatan maupun bahan lainnya.

Daun pepaya berkhasiat menyehatkan system pencernaan dan menambah nafsu makan

Banyak orang sudah mempraktekan hal ini, biasanya saat nafsu makan turun dan perut agak mual. Orang akan mengambil daun pepaya dan mengolahnya menjadi lalapan. Biasanya dengan mencampur parutan kelapa muda dibikin lalapan atau krawu.

Namun bisa juga dengan dicampur daun ketela, biasanya ini dibikin sayuran yang berkuah. Caranya dengan merebus daun pepaya dan ketela secara bersama, kemudian ditambahkan air perasan kelapa tua atau dikenal dengan santan. Biasanya rasa pahitnya akan memudar dengan kehadiran daun ketela yang menjadi pasangan daun pepaya. Namun bagi beberapa orang tidak afdol bila tidak merasakan pahitnya daun pepaya, bagi mereka rasa pahit adalah obat yang mujarab, mungkin ini sedikit sugesti saja.

Daun pepaya berkhasiat untuk perawatan kulit wajah

Ini biasanya sangat cocok bagi yang kulit wajahnya sering berjerawat. Daun pepaya ini bisa digunakan sebagai masker alami. Namun jangan sembarangan dalam menggunakan daun pepaya ini, pilih daun pepaya yang tua. Biasanya getahnya sudah banyak berkurang, sedang yang mudah masih banyak getahnya, biasanya hanya cocok untuk dikonsumsi atau dibuat melunakan daging.

Daun pepaya yang sudah agak tua, namun jangan terlalu tua karena akan kering dan hilang kadar vitamin dan mineralnya. Sebaiknya pilih yang bercabang paling bawah, kemudian jemur hingga agak kering. Lalu bisa diblender untuk mendapatkan bobok atau ramuan untuk bahan masker. Bila belum terbiasa maka jangan memakai maskernya terlalu lama, untuk tahap pertama bisa dilakukan dibawah lima menit. Baru bila sudah terbiasa bisa dilakukan sampai 10 menit. Memang akan terasa menyegarkan dan menyejukan di kulit wajah.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger