Warna Cat Dinding Rumah bisa mempengaruhi Penghuninya

Siapapun boleh memilih warna yang paling disukai untuk dinding rumah. Namun sebenarnya warna dinding ruangan di bagian rumah bisa mempengaruhi penghuninya. Setidaknya memberi efek psikologi secara halus sehingga bisa merubah mood di dalamnya.

Ambil saja contoh mengecat seluruh bagian rumah dengan warna merah. Memang tampak mencolok dan sangat menarik untuk dilihat, memberi kesan bersemangat untuk penghuninya. Namun warna merah bukannya warna yang cocok untuk kamar tidur, tempat dimana orang ingin rileks dan bersantai hingga bisa beristirahat dan terlelap dalam tidurnya. Warna merah hanya akan bikin susah tidur dan bisa saja mengalami insomnia berkepanjangan.

Memang banyak yang tidak menyadari hal ini dan asal comot dalam mengecat ruangan di dalam rumah. Padahal efek ke personality sangat kental, lebih kental dari cat itu sendiri. Meskipun bagi orang sibuk tak terlalu ambil pusing, padahal bisa mempengaruhi kehidupan menjadi tidak tentu.

Pemilihan warna cat rumah memang menjadi penting, baik saat pertama mengecat rumah maupun saat ingin merubah warna cat rumah. Karakter warna harus diperhatikan dengan seksama. Lalu sesuaikan dengan fungsi ruangan dalam kehidupan keluarga, poin ini akan memberi warna cat rumah menjadi pemberi efek yang positif bagi kehidupan penghuninya.

Memilih warna dingin untuk ruang santai dan kamar tidur

Warna dingin ini berspektrum luas, namun pada dasarnya agak gelap menuju kebiru-biruan dengan batas warna terang atau warna hangat. Namun yang lebih umum adalah warna biru sebagai dasar warna dingin. Warna biru memang berkesan dingin akan memberi efek santai ke sekitarnya, termasuk kesiapapun di dalamnya.

Warna biru sangat cocok untuk ruangan kamar tidur, tempat untuk beristirahat secara total. Warna biru juga bisa diaplikasikan ke ruangan santai yang memerlukan suasana rileks dan damai. Memang bisa jadi tidak menyukai warna biru, namun ini bukan persoalan suka atau tidak suka, akan tetapi persoalan efek psikologi terhadap pikiran dan jiwa. Warna bisa merubah mood secara tidak sadar, meskipun seberapa kerasnya menolak pengaruh warna tersebut.

Memilih warna hangat untuk ruang tamu, ruang makan dan ruang bermain

Memang warna hangat berkesan atraktif, akan memberi pengaruh semangat ke sekitarnya. Warna hangat ini berspektrum luas, mulai dari warna terang, merah dan berbatasan dengan warna gelap. Memang warna merah memberi pengaruh positif dalam meningkatkan emosi, rasa senang nan bergelora.

Warna hangat sangat cocok untuk ruang tamu, ruang bermain, tempat untuk bergembira dan bersuka ria. Warna ini juga sangat cocok untuk ruang makan, tempat untuk melampiaskan rasa lapar. Mungkin bisa saja tidak menyukai warna merah karena terlalu mencolok, namun warna kompromi seperti warna terang bisa digunakan. Namun pengaruhnya akan tetap memberi rasa bahagian dan semangat ke penghuninya.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger