Melihat Fenomena Salju Turun di Gurun Pasir

Sudah sejak lama gurun pasir yang biasanya identik dengan panas dan memiliki curah hujan yang minim. Namun beberapa akhir ini keadaan berubah, daerah ini mengalami perubahan iklim dan suhu dingin yang ekstrim. Daerah gurun ini mendapatkan kiriman hujan salju yang notabene biasanya terjadi di daerah subtropis dan dingin.

Memang fenomena turunnya hujan salju ini tidak berdiri sendiri, beberapa daerah dingin yang harusnya mendapatkan hujan salju tebal, juga mengalami anomali. Cuacanya justru menjadi hangat, sesuatu yang anomali dan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Ini tentunya menghadirkan banyak pertanyaan.

Beberapa pakar lingkungan menduga dengan adanya perubahan iklim, meskipun banyak juga yang mengisyaratkan perubahan arah angin dan badai yang mendorong perubahan sesaat ini. Memang masih terlalu dini sebagai hal yang permanen dan bisa dikatakan sebuah perubahan iklim.

Namun hal yang tidak diduga ini memang mengakibatkan bencana ekologi yang berpengaruh besar pada berbagai sektor kehidupan. Terutama bagi daerah yang tidak pernah mengalami iklim tersebut sebelumnya. Mereka biasanya akan begitu lambat dalam mengantisipasi perubahan ini, akibatnya bisa menjadi bencana alam bagi mereka.

Memang bagi daerah tropis sudah terbiasa dengan suhu yang panas, rumah dan pakaian mereka tidak terbiasa dengan suhu yang ekstra dingin. Akibatnya cukup sulit menyesuaikan dengan perubahan ini. Terutama di daerah yang minus, yang kurang memiliki anggaran membeli selimut tebal, baju tebal dan alat semacamnya dalam menghadapi udara dingin.

Namun bagi daerah dingin, cuaca panas yang mereka alami juga tidak memberi kenyamanan juga. Beberapa memang cukup responsive dengan menyediakan pendingin ruangan. Namun bagi yang kurang mampu akan mengalami panas dan dehidrasi yang tinggi, pada orang lanjut usia paling menderita dengan perubahan iklim ini.

Perubahan iklim harus bisa diantisipasi

Memang keadaan anomali pada iklim dan cuaca ini harus bisa diantisipasi. Perubahan suhu udara yang ekstrim sering mempengaruhi kesehatan secara cepat. Banyak yang mengalami gangguan kesehatan dan diikuti penyakit lainnya seiring menurunnya daya tahan tubuh.

Bisa jadi salju akan turun secara periodik di daerah tropis akibat adanya perubahan iklim. Ini bisa pula didahului dengan curah hujan yang tinggi, arah angin yang ekstrim sering menjadi tanda akan adanya perubahan suhu udara yang draktis. Keadaan ini harus bisa diantisipasi dengan cepat.

Memang akan mempengaruhi pola kehidupan dalam menyesuaikan dengan perubahan iklim ini. Biasanya lembaga yang memonitor cuaca memberi peringatan akan perubahan suhu, awan, hujan di daerah yang akan mengalami kondisi yang ekstrim. Namun yang perlu diperhatikan adalah arah angin dan kekuatannya yang sering bisa mengakibatkan bencana lingkungan. Ini memang harus diantisipasi agar tidak menjadi bencana bagi kehidupan kita.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger