Renovasi Kamar Mandi biar lebih Efisien

Seiring berkembangnya sebuah keluarga biasanya sebuah kamar mandi sudah tidak mencukupi kebutuhan seluruh anggota keluarga. Biasanya dicari solusi singkat dengan membuat kamar mandi baru. Namun bila ketiadaan ruang menjadi kendala, maka renovasi kamar mandi yang ada bisa dilakukan.

Ini dengan membuat bagian penting dari kamar mandi dibikin lebih efisien. Misal dengan menambah toilet atau bathtube yang biasanya tidak bisa disharing antara satu anggota keluarga dengan lainnya. Sementara untuk wastafel maupun tempat gosok gigi dan berias biasanya bisa diharing dengan yang lainnya.

Cara ini boleh dibilang lebih efisien daripada membuat kamar mandi baru, yang jelas membutuhkan infrastruktur baru, seperti septitank, resapan dan tempat yang dibutuhkan lainnya. Memang biasanya kamar mandi akan sangat ramai di saat pagi, dimana semuanya berbondong-bondong dan antre di depan kamar mandi. Biasanya akan ada perdebatan kecil sebelum mendapatkan akses ke kamar mandi yang hanya satu-satunya tersebut.

Memang bagi keluarga kecil mungkin tidak begitu kentara, namun bagi keluarga besar akan sangat terasa dengan posisi satu kamar mandi. Biasanya ruang cuci atau tempat laundry bisa menjadi kamar mandi sementara, tentunya dengan minus toilet. Karena bagaimanapun toilet tetap menjadi kebutuhan utama.

Memang akan selalu menjadi masalah penting saat keluarga tumbuh berkembang, biasanya sering tidak direncanakan kalau akan membutuhkan sebuah toilet maupun kamar mandi. Memang yang paling dibutuhkan adalah toilet, hal yang satu ini biasanya sulit ditahan untuk bisa antre, padahal toiletnya hanya satu. Bagi yang sedang berencana membangun rumah baru, tentunya permasalahan toilet harus direncanakan sejak dari awal.

Bila ruangan di rumah mencukupi harusnya disiapkan dua kamar mandi lengkap dengan toiletnya. Namun bila ruangan terbatas bisa saja dibikin dua toilet dengan satu sharing kamar mandi. Memang toilet akan menjadi tempat yang sulit untuk disharing, jadi harus dibikin sejak awal untuk mencukupi kebutuhan seluruh anggota keluarga kedepannya.

Memang tidak ada rasio yang pasti berapa jumlah toilet untuk sebuah anggota keluarga. Namun setidaknya satu toilet untuk tiga anggota keluarga akan sangat mencukupi. Jadi bila ada lima atau tujuh anggota keluarga, maka idealnya akan membutuhkan dua toilet. Dengan satu atau dua sharing kamar mandi, ini bisa disesuaikan dengan besarnya ruangan yang dimiliki.

Kadang ruang bawah tangga bisa digunakan untuk toilet, tapi mungkin tidak untuk kamar mandi. Ketinggian tangga sering menjadi persoalan untuk dibikin kamar mandi, namun akan cukup lega bila dibikin toilet. Tentunya dengan pengaturan yang tepat, akan membuat renovasi sebuah kamar mandi bisa menjadi lebih efisien. Pastinya harus ada akses infrastruktur seperti septitank yang harus disiapkan sebelumnya agar tidak terlalu memakan biaya untuk renovasi sebuah kamar mandi.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger