Manfaat Bunga Mawar

Sudah sejak lama bunga mawar dikenal karena keindahannya, sehingga wajar menjadi bunga kasih sayang. Namun dibalik keindahannya ternyata bunga mawar memiliki manfaat yang banyak sekali. Sudah banyak yang memanfaatkan khasiat herbal dari bunga mawar ini dan terbukti cukup manjur sebagai obat alternatif.

Salah satu yang paling diminati adalah bau harum bunga mawar, ini digunakan sebagai aromaterapi. Biasanya ini dimanfaatkan oleh penderita sesak nafas, asma, depresi yang mendapatkan relaksasi dan ketenangan dari aroma bunga mawar. Memang bau harumnya bikin pikiran tenang dan damai, seakan semua beban hidup hilang tak bersisa.

Manfaat lain yang banyak diburu orang adalah kelopak dari bunga mawar, ini banyak dicari dan digunakan. Biasanya saat kesegarannya sudah hilang kelopaknya dibiarkan mengering, lalu bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Bisa untuk pengharum ruangan, caranya dengan menaruh kelopak bunga mawar yang kering ini di dalam botol tertutup.

Biasanya tidak butuh waktu lama, baunya sudah terkumpul dan bisa digunakan untuk mengharumkan ruangan. Namun ada pula yang menggunakan kelopak kering bunga mawar ini untuk the herbal. Biasanya dicampurkan dengan beberapa jenis daun herbal lainnya menjadi racikan teh yang bisa digunakan untuk menyehatkan tubuh. 

Racikan teh ini sangat baik untuk menghangatkan tubuh, biasanya bagi yang sedang mriang, badan demam, gregesi, atau tidak enak badan, akan merasakan manfaat dari teh kelopak bunga mawar ini. Namun sebenarnya secara keseluruhan bisa meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh terhadap penyakit. Jadi bisa digunakan sebagai penjaga kesehatan tubuh agar tetap fit dan sehat.

Jadi bila membeli atau memiliki bunga mawar, jangan dibuang saat sudah layu. Bunga mawar ini tidak hanya bermanfaat saat dalam kondisi segar, bahkan sehabis digunakan misalnya untuk bunga rias. Maka jangan dibuang sesudahnya, tapi bisa direndam untuk mendapatkan esense-nya, yang bisa digunakan untuk campuran pengharum kue atau pengharum makanan lainnya. Kemudian bisa dikeringkan untuk dibikin racikan teh herbal.

Memang akan ada manfaat yang berkelanjutan dari bunga mawar ini dan bisa dimanfaatkan secara maksimal. Memang biasanya banyak yang tidak mengerti akan manfaat bunga mawar ini, selain itu juga tidak mau ribet dengan hal-hal yang sepele. Padahal dengan menggunakan bahan alami, lebih menunjang kehidupan menjadi lebih segar, sehat dan tanpa campuran bahan kimia yang biasanya bila sudah masuk ke industri pengolahan.

Jadi memang lebih baik memanfaatkan khasiat bunga mawar ini secara alami, sedikit ribet tapi manfaat yang didapatkan akan lebih besar. Juga bebas dari kandungan bahan kimia yang kadang menjadi penyebab perubahan daya tahan maupun kesehatan tubuh. Secara umum bunga mawar memang akan selalu menjadi bunga cinta dan bermanfaat bagi kehidupan serta kesehatan tubuh.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger