Memilih Furnitur Antik untuk Interior Rumah

Banyak yang hunting furnitur antik untuk dekorasi rumah, selain lebih terlihat indah juga menggambarkan interior yang eksotis. Namun sering furniture yang diburu sebenarnya bukan furniture yang antik, terlihat antik tapi merupakan duplikat maupun re-kreasi dari jenis furniture antik yang ada. Akibatnya bisa diduga salah pilih ini membuat kerugian secara finansial maupun secara nilai dari interior yang sedang digagas.

Memang untuk kategori furniture antik akan memiliki kisaran harga yang tidak murah. Ini lebih karena memiliki sejarah atau merupakan produk dari sebuah budaya. Namun hakekatnya untuk sebuah interior, sebenarnya hanya mengambil nilai keindahan dan nilai seni maupun budaya dari furniture antik tersebut. Selebihnya kesan yang dibangun akan tetap mengikuti keindahan interior yang sedang digagas.

Beberapa hal yang penting dari sebuah furniture antik adalah umur kayu dari komposisi furnitur tersebut. Bila disebut antik akan jelas memiliki usia kayu yang cukup lama, tidak bisa tergantikan hanya dengan sebuah kayu hutan yang berusia lama. Ada perbedaan antara kayu yang tua di pohon dan tua oleh usia kayu tersebut.

Memang tidak akan terlihat signifikan bila jenis kayu yang digunakan sama, misal bila jenis kayu ulin yang digunakan tidak akan berbeda bila usianya sama, meskipun beda umur di pohon. Hal ini memiliki perubahan warna, kekerasan yang hampir sama, meskipun akan terlihat sedikit lapuk pada furniture yang berusia karena penggunaannya. Perbedaan ini sebenarnya bisa ditangkap dengan melihat kekuatan dari furniture tersebut, meskipun dengan kondisi lapuk di sana-sini.

Poin lainnya saat memilih furniture antik adalah kekerasan kayu, biasanya beberapa jenis kayu jati memang sangat keras. Namun akan lapuk juga dimakan usia, ini akan terlihat apakah memang furniture tersebut sudah lapuk atau baru dibuat. Keadaan ini memang sering menipu dengan hanya melihat warna kayu, tanpa melihat kondisinya, padahal perubahan waktu akan memakan tampilan sebuah furniture tapi tidak merusak kekuatannya, itulah rahasia dari furniture antik yang memang digagas kekuatannya, daya tahannya dan nilai keindahan sebuah karya jaman dulu.

Meskipun sering dengan mudahnya sebuah karya seni bisa ditiru, lengkap dengan menggunakan kayu yang sejenis dengan furniture antik tersebut. Namun proses perjalanan waktu tidak akan bisa terbentuk di furniture yang telah memiliki usia lama tersebut. Inilah yang menjadi harga sebuah furniture antik bisa menembus angka yang fantastis.

Tentu saja selain keindahan seni yang dibawa dari peradaban jaman dulu, juga ketahanan bahan kayu yang digunakan oleh furniture tersebut. Jadi akan terlihat beda dengan furniture yang dibentuk oleh kayu hutan yang berusia ratusan tahun. Meskipun pada akhirnya memang karya apapun pada kayu yang berusia tua akan terlihat indah, warna dari usia kayu inilah yang juga menjadi bagian dari keindahan furniture antik. 
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger