Tips Membersihkan Keramik Kamar Mandi

Bila dibiarkan saja keramik kamar mandi bisa berubah tampilannya, selain kusam dan bisa bikin mudah terpeleset. Padahal dengan membersihkan secara rutin dan tepat, keramik kamar mandi akan tetap kinclong dan nyaman dipandang. Kebanyakan karena melewatkan untuk lebih perhatian pada keramik kamar mandi bisa membuat kondisi keramik semakin kotor.

Memang bila ingin awet dan bersih, keramik kamar mandi ini harus dibersihkan secara rutin. Minimal sehabis mandi, agar kotoran tidak menempel lebih lama, biasanya bila dibiarkan kotoran ini akan lebih lengket dan menyatu dengan keramik kamar mandi. Memang bisa saja mengganti keramik kamar mandi dengan yang baru, namun dengan membersihkan secara rutin bisa membuatnya lebih awet dan bersih.

Sebenarnya tidak terlalu ribet bila mau meluangkan waktu barang lima menit sampai lima belas menit, bahkan bisa dikombinasikan dengan waktu mandi. Caranya cukup sederhana, sebelum mandi keramik kamar mandi ini bisa diguyur dulu dengan larutan pembersih, sehingga saat disikat atau dibersihkan akan mengelupas dengan mudah kotorannya. Biasanya sering kurang perhatian dengan aturan pakai larutan pembersih keramik lantai, asal tuang dan gosok ke keramik kamar mandi.

Padahal unsur kimia dalam larutan pembersih memiliki onset atau masa kerja, biasanya sekitar 10 menit sampai lima belas menit untuk bereaksi dengan keramik tersebut. Bahkan semakin lama akan semakin mudah dalam mengelupaskan kotoran di keramik tersebut. Maka sebaiknya guyur sebelum mandi, nanti sehabis mandi sudah bisa dengan mudah dibersihkan keramik tersebut.

Juga perhatikan jenis kotoran yang menempel di kamar mandi tersebut, karena tidak semua larutan pembersih bisa menghilangkan kotoran pada keramik tersebut. Seperti bekas ceceran cat pada keramik akan sulit dibersihkan bila tidak digunakan bahan minyak atau sejenis tinner. Memang biasanya komposisi yang sering dipakai adalah unsur peroksida dalam beberapa larutan pembersih.

Bahan ini memang sangat bagus dalam membersihkan kotoran yang menempel, namun tidak untuk semua jenis kotoran. Jadi bila kotoran yang menempel di keramik kamar mandi tidak hilang dengan beberapa pembersihan, maka harus dicarikan jenis larutan pembersih lainnya. Memang jenis larutan harus sesuai dengan kotoran yang menempel di keramik tersebut.

Pada beberapa kasus bagian celah pada keramik sering menimbulkan masalah serius, bagian yang sering disebut dengan nat keramik ini sering menjadi sarang kotoran menempel dan menyebar. Seperti lumut atau kerak sering menempel di celah keramik dan tumbuh menyebar ke bagian lainnya. Maka harus segera dibersihkan sebelum lebih menyusahkan dalam membersihkannya nanti.

Memang pada saat hari kerja yang sibuk, tidak akan ada waktu untuk membersihkan kamar mandi. Namun bila dibiasakan semenit dua menit, maka akan terbiasa dengan cepat untuk membersihkan keramik kamar mandi. Biasakan membersihkan kamar mandi sebelum meninggalkan kamar mandi, kebiasaan ini akan membuat keramik kamar mandi menjadi lebih bersih dan awet.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger