Tips Mengatur SOHO agar lebih Nyaman untuk Tinggal dan Bekerja

SOHO yang dikenal dengan rumah kantor atau rukan ini menjadi pilihan banyak orang untuk memulai bisnis mereka. Juga banyak perusahaan besar yang memanfaatkan SOHO ini untuk efisiensi operasional usaha mereka. Selain lebih irit dan ekonomis SOHO memang pilihan tepat dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat. Hanya disini perlu pengaturan interiornya agar bisa lebih nyaman untuk tinggal dan bekerja.

Memang mengabungkan dua hal yaitu tempat bekerja dan tempat tinggal bisa meningkatkan resiko keamanan berbisnis. Namun sebagian besar kantor yang sudah mapan memiliki standar yang ketat, dan dievaluasi secara regular. Meskipun bisa saja hal yang di luar dugaan mungkin saja terjadi.

Hal yang paling sering terjadi adalah kecelakaan kerja, mengingat sering sulit membedakan waktu bekerja dan kehidupan sehari-hari. Sehingga saat bekerja sering lupa waktu untuk beristirahat, akibatnya kelalaian dan kecelakaan kerja bisa saja terjadi. Untuk meminimalisir hal tersebut perlu pengaturan terpisah antara tempat bekerja dan tempat tinggal.

Bisa saja diatur skat permanen untuk membedakan tempat tinggal dan kantor, meskipun akan lebih dinamis bila skatnya fleksibel atau semi permanent. Ini bisa bergantung pada jenis kantor atau usaha yang sedang dijalankan. Bila lebih banyak ketemu dengan klien, maka lebih baik skat yang permanent diadakan. Namun bila transaksi dengan klien lebih bersifat online, maka skat bisa dibikin semi permanent atau lebih fleksibel lagi.

Pemisahan fungsi SOHO secara fisik ini memang bisa menguntungkan di satu sisi, terutama dengan tekanan kerja yang tinggi. Disini perlu membedakan waktu untuk bekerja dan istirahat. Sehingga bisa meningkatkan kualitas kerja. Seperti dengan membuat skat dari rak yang berpintu akan bisa meningkatkan efisiensi ruang dan menjamin kenyamanan bekerja.

Model skat dari rak ini banyak diadopsi oleh SOHO korporasi besar, sekaligus meningkatkan efisiensi dalam pengaturan ruang. Metode ini juga diterapkan pada banyak apartemen studio yang dimiliki oleh para professional. Memang nilai efisiensi dalam pengaturan ruang menjadi meningkat, mengingat disini baik SOHO maupun sebuah apartemen menghadapi keterbatasan ruang yang tinggi.

Harga space atau ruang yang mahal memang mau tidak mau membuat pengaturan menjadi lebih minimalis dan efisien. Desain interior yang diterapkan memang akan memanfaatkan ruangan secara maksimal. Jadi semuanya akan lebih condong naik ke atas daripada posisi melebar, baik dari segi furniture maupun perangkat SOHO lainnya.

Juga pengaturan cahaya supaya dihindari terpusat di satu sisi, bisa saja ruang SOHO tak lebih dari 24 meter. Namun akan lebih baik diberikan lampu pada fungsi ruang yang berbeda. Biasanya cahaya di tempat kerja lebih terang daripada yang digunakan di tempat tinggal atau tempat beristirahat.

Demikian pula dengan perangkat kerja lainnya, pengaturannya akan lebih fungsional dan minimalis. Ini akan membuat efisiensi kerja semakin tinggi dan ruang juga cukup lega untuk bekerja. Jika ini bisa diterapkan makan kenyamanan bekerja maupun sebagai tempat tinggal akan semakin baik.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger