Bikin Rumah lebih Dingin Tanpa Pakai AC

Sebenarnya untuk membuat ruangan dalam rumah lebih adem dan segar tidak harus pakai AC. Ada beberapa cara bisa digunakan untuk mendinginkan ruangan tanpa harus menaikan anggaran belanja bulanan. Biasanya saat musim panas atau musim kemarau, udara akan terasa lebih panas maka anggaran biaya bulanan untuk pemakaian listrik menjadi semakin meningkat.

Bisa-bisa jumlahnya bisa dua kali lipat dari beberapa bulan sebelumnya, meskipun rata-rata AC saat ini sudah berteknologi bagus tapi masih juga haus akan listrik. Namun tidak ada salahnya untuk mencoba mendinginkan ruangan tanpa menggunakan AC. Cara ini tidak harus diterapkan seketika, bisa secara bertahap sampai kriteria yang dibutuhkan terpenuhi.

Sebanarnya alam sudah memberi contoh secara teknis mekanisme dalam perubahan suhu dan efek pendinginan pada beberapa komponennya. Salah satu contoh, kenapa saat melewati jalanan yang sangat terik akan terasa sejuk saat berada di bawah pohon. Kondisi ini bisa digunakan sebagai contoh teknis dalam mendinginkan ruangan di rumah.

Memang tidak harus membawa pohon besar tersebut ke rumah, tapi idenya memang seperti itu. Udara panas yang digerakan angin melalui ranting dan dedaunan pohon mengalami penurunan suhu secara signifikan. Hal ini karena dedaunan memiliki kelembaban yang lebih tinggi dari udara yang lewat, akibatnya udara yang tertangkap oleh dedaunan menjadi lebih dingin.

Bisa saja lebih dingin karena terlindung oleh panas sinar matahari, namun selama udara di sekitar masih panas maka suhu tetap panas juga. Jadi disini akan tampak bedanya berteduh di bawah payung atau shelter lebih terasa panas bila dibandingkan dengan berteduh di bawah pohon. Inilah rahasia kekuatan alam yang bisa dipakai dalam mendinginkan ruangan di rumah.

Memang harus ada aliran udara di dalam rumah, ini harus diperbaiki dengan membuat ventilasi di penjuru dinding rumah sehingga udara bisa berganti dengan cepat. Meskipun udara sudah cukup dingin, bila tidak ada aliran udara maka suhu ruangan akan tetap panas juga. Jadi disini ada dua faktor mendinginkan dan mengalirkan udara, secara teknis memang itulah yang dilakukan sebuah AC, namun secara alami bisa digunakan untuk mendinginkan rumah.

Aliran udara panas dari luar akan berubah sedikit dingin saat melalui ventilasi dan menerpa dinding rumah yang lebih dingin suhunya. Memang akan terasa lebih dingin bila ada pepohonan di sekitar rumah. Lebih baik lagi bila pohonnya memiliki daun yang lebih kecil, teknis pendinginannya lebih efisien dibandingkan dengan pohon yang berdaun lebih besar.

Jadi semua kriteria bisa diadakan secara bertahap dan tidak harus dengan belanja yang mahal. Memang bila ingin cepat dingin pakai AC, namun dengan teknik secara alami ini lebih irit dan ramah lingkungan. Soalnya AC juga menimbulkan efek panas juga yang sering membuat efek pendinginnya kurang efektif.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger