Desain Ruang Keluarga menjadi sebuah Bioskop

Banyak yang berangan memiliki sebuah bioskop di rumah. Ini bisa saja dilakukan dengan mendesain ruang keluarga atau ruang santai menjadi sebuah cinema. Sebenarnya ini mudah dilakukan, karena ruang santai memiliki dasar bagi sebuah bioskop.

Biasanya ruang santai memiliki sebuah televisi, musik player, sound system dan peralatan hiburan lainnya. Ini sudah cukup menjadi modal awal untuk membuat bioskop di rumah. Hanya memang perlu dilengkapi beberapa komponen lainnya dan mendesain ulang ruang santai ini menjadi sebuah cinema untuk sebuah keluarga.

Namun perhitungkan juga jangan sampai suara dari bioskop ini nantinya akan membuat gaduh bagi lingkungan sekitarnya. Mungkin saja bisa disediakan panel soundproof di dinding ruang keluarga, ini bila dana atau anggarannya memenuhi. Tapi bisa juga diatur volume suaranya atau mengatur letak speaker agar suaranya tidak terlalu menganggu sekitarnya.

Memang tidak enak bila tidak menikmati suara yang keras dari sebuah bioskop. Namun ini bisa dikombinasikan dengan desain yang akan dilakukan pada ruang santai ini. Beberapa peralatan dan kelengkapan memang harus didatangkan bila ingin bioskopnya lebih keren.

Namun bisa pula dibikin sederhana, bila fokusnya memang hanya menjadi tempat berkumpulnya keluarga. Maka disini sangat penting menyediakan furniture dan kelengkapan yang nyaman saat menonton bioskop. Ini bisa dimulai dari sofa yang nyaman di depan televisi, tidak perlu yang mahal, bahkan yang ada bisa dimanfaatkan. Asalkan cukup bisa menampung seluruh anggota keluarga.

Bisa juga dengan system lesehan, dengan menyediakan karpet atau rug di lantai ruang keluarga. Ini bisa diatur diletakan di depan televisi, tak perlu juga karpet yang mahal, Biasanya bila filmnya menarik semuanya akan lupa dengan tempat duduk mereka. Jadi kelengkapan ini tidak harus mahal, asal bisa memenuhi kebutuhan pokoknya saja.

Jangan dilupakan pula pengaturan cahaya dalam ruang keluarga, memang sih untuk sebuah bioskop kondisi lampu dimatikan sudah oke. Namun lebih baik sediakan juga lampu kecil yang tidak membuat silau televisi, apalagi bila pakai projector maka pencahayaan menjadi sangat penting. Seperti layaknya sebuah cinema modern, warna cahaya redup kecil tapi dengan arah menjauhi layar bioskopnya.

Bisa juga memasang tirai untuk penyekat pada bagian bioskop ini, meskipun tidak terlalu mendesak. Hanya memang sebuah tirai akan membuat bioskop ini lebih menyerupai sebuah cinema yang sesungguhnya. Memang semua kembali pada dana atau anggaran yang dimiliki, namun intinya sebuah bioskop yang bisa dinikmati oleh semua anggota keluarga.

Hindari membeli peralatan bioskop yang terlalu mahal, ini memgingat kondisi ruang santai memang tidak terlalu besar. Bisa jadi terlalu berisik bagi sebuah rumah yang memiliki ruang bioskop yang lengkap. Namun yang jelas semuanya bisa diatur sesuai dengan kebutuhan yang ada dan semua anggota keluarga menikmatinya.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger