Khasiat Daun Pandan

Daun pandan sudah lama dipakai oleh ibu rumah tangga dan menjadi bagian dari aneka bumbu masak tradisional. Aroma wanginya sering membuat makanan menjadi lebih harum, disamping juga bisa menambah cita rasa makanan. Ternyata daun pandan ini juga bisa bermanfaat secara kesehatan.

Meskipun ini sering tidak disadari oleh para ibu rumah tangga, bahwa daun pandan ini bisa memberi khasiat bagi kesehatan. Salah satunya bisa digunakan untuk pengobatan sesak nafas, bagi yang sering mengalaminya tentunya ini bisa menjadi alternative pengobatan. Sedang bagi yang tidak, bisa jadi akan membantu menjaga kesehatan dari serangan sesak nafas.

Memang untuk memperoleh manfaat dari daun pandan ini tidak serta merta hanya dengan sekali konsumsi saja. Bisa jadi membutuhkan beberapa tahap atau beberapa kali penggunaan. Meskipun ini bisa dilakukan secara sederhana, misal dengan memberi daun pandan ini di beberapa jenis olahan masakan.

Memang sih tidak semua jenis makanan bisa diberikan daun pandan di dalamnya. Karena memang akan memberi aroma harum pada makanan tersebut. Biasanya memang hanya pada jenis panganan yang membutuhkan citarasa yang sedap, seperti olahan minuman dengan memasukan daun pandan saat memasaknya.

Ini paling sering terpakai pada sejenis olahan panganan minuman kacang ijo, dimana campuran daun pandan akan membuat aroma harum dan sedap pada minuman kacang ijo tersebut. Juga bagi yang biasa minum kolak pada saat ramadhan, mungkin akan merasakan aroma wangi dan sedap dari campuran daun pandan ini. Meskipun bisa juga daun pandan ini diberikan pada olahan masakan yang lebih kental atau tidak berwujud minuman.

Beberapa olahan masakan seperti kue juga bisa diberikan daun pandan pada saat merebusnya, sehingga didapat aroma kue yang wangi dan sedap. Bisa juga diberikan pada saat mengkukus nasi, ini juga bisa mmebuat aroma nasi menjadi lebih harum. Namun yang jelas bisa juga memberi manfaat bagi kesehatan, yaitu mencegah serangan sesak nafas bagi yang menggunakan daun pandan ini.

Sebenarnya daun pandan ini juga bisa digunakan untuk mengusir tikus, aroma wanginya memang tidak disukai oleh para tikus ini. Biasanya di tempat yang ditaruh daun pandan, maka para tikus ini tidak akan melaluinya. Meskipun memang aroma wangi daun pandan ini tidak akan sekeras bila diolah dalam sebuah masakan.

Memang harus melalui proses seperti pengukusan atau perebusan agar aroma wangi daun pandan ini bisa menyebar dan menyatu dengan olahan masakan. Selembar atau dua lembar daun pandan sudah cukup untuk membuat olahan masakan tersebut menjadi harum dan sedap. Maka jangan lupa untuk menggunakan daun pandan ini pada beberapa jenis olahan minuman atau makanan yang diperuntukan bagi anggota keluarga, ini akan bisa memberi perlindungan dari serangan sesak nafas.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger