Ide Pintu Geser untuk Desain Interior Ruang

Ada kesan unik saat pintu geser digunakan untuk membatasi bagian ruangan di dalam rumah. Selain terkesan orientalis juga memiliki efisiensi dalam pengaturan sebuah ruangan. Ada banyak ruang yang bisa dimaksimalkan dengan skat atau pembatas pintu geser ini.

Idenya memang berasal dari gaya interior oriental Jepang yang memiliki desain rumah dengan model pintu geser. Namun dalam perjalanannya sudah berkembang dan dimanfaatkan oleh banyak desainer. Kali ini digunakan untuk skat atau pembatas rumah, tentunya pada jenis rumah minimalis akan sangat tepat dan efisien.

Keterbatasan ruang bisa diatasi dengan pembatas dari pintu geser ini, meskipun sistemnya akan sama dengan skat dari tirai. Hanya memang lebih semi permanent dan dinamis. Tidak jarang struktur yang digunakan cukup kuat sehingga bisa menjadi dinding dan penghias sebuah ruangan, ini bila dihiasi dengan wallpaper atau hiasan semacamnya.

Memang desain interior dari pintu geser untuk skat ruangan akan membuat privasi tidak lebih baik. Namun dari segi pengaturan ruangan akan lebih dinamis, pada rumah model minimalis, atau bisa juga apartemen studio, akan memiliki manfaat dari desain ini. Skat rumah akan semakin memperluas ruangan dengan kombinasi pengaturan cahaya yang mendukung ruangan tersebut.

Bisa jadi harus sinkron antara ruang yang dibentuk dengan pencahayaan yang digunakan. Mungkin akan tidak terlihat bila masih menggunakan pencahayaan sentral, apalagi dengan model monoton atau fixed. Memang harus dibikin mengikuti jenis ruangan yang akan dibentuk dengan pintu geser ini.

Material yang digunakan untuk pintu geser ini memang harus cukup kuat, namun tidak terlalu berat untuk mengaturnya. Biasanya dari bahan berserat fiber memiliki kekuatan dan beban yang tidak terlalu berat saat digeser atau diatur sesuai kebutuhan. Memang tidak mudah mendapatkan bahan yang tepat di toko bahan bangunan local, biasanya di toko bangunan yang besar akan memiliki pilihan untuk pintu geser ini.

Memang idenya harus lebih praktis dalam pemakaian dan efisien dalam penggunaan, pintu geser ini memang bukan untuk pemisah privasi, hanya pemisah maupun ilusi pandangan yang bisa mempengaruhi bentuk sebuah ruangan. Kesan yang dibangun memang untuk keindahan dan efisiensi pengaturan ruangan. Beberapa SOHO atau rukan juga menggunakan model begini, meskipun sering disalah gunakan karena menggunakan material yang cukup rapuh untuk ditembus atau dibuat lubang.

Ide pintu geser untuk sebuah skat ruangan memang akan maksimal bila sesuai dengan kebutuhan dan tidak melebihi fungsi yang sebenarnya. Bisa jadi dengan material dari sejenis melamin bisa mencukupi untuk sebuah pintu geser. Namun pada akhirnya keindahan dan efisiensi ruangan terpenuhi dengan penggunaan pintu geser ini, sekaligus membuat ilusi pada ruang sempit menjadi lebih luas dan lega.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger