Khasiat Bunga Melati

Siapapun pasti menyukai bau harum bunga melati, maka wajar sering dipakai pada berbagai okasi. Namun lebih dari itu bunga melati juga banyak manfaat dan berguna bagi kesehatan. Orang biasanya memanfaatkan aroma harum bunganya, padahal ada beberapa manfaat bagi kesehatan.

Salah satu yang sering memakai bunga melati ini adalah industri spa dan kecantikan. Rendaman bunga melati dan berbagai bunga-bunga-an lainnya sering menjadi menu untuk perawatan kulit. Diduga kesegaran dan baunya yang wangi bisa menyegarkan kulit dan membuatnya lebih muda kembali.

Ada istilah kembali muda yang biasanya dikenal dengan anti ageing, yang sering dilakukan banyak spa dengan menu maupun jenis perawatan kulit. Disini bunga-bunga-an adalah bagian yang penting, disamping juga buah-buahan dengan memanfaatkan kesegarannya. Memang inilah yang disebut refreshment atau penyegaran baik secara fisik maupun psikologi.

Kembali ke porsi bunga melati ini memang lebih dari sekedar kosmetika saja. Meskipun belum ada penelitian yang resmi, namun banyak kalangan menggunakan bunga melati ini untuk pengobatan beberapa penyakit. Salah satu yang sering digunakan adalah untuk aromaterapi bagi beberapa penyakit stress maupun psikologis.

Memang bukan hal umum, namun kembali ke alam atau penggunaan unsur alami untuk pengobatan sudah lama dilakukan. Disini orang mengambil manfaat dari kekhasan dari bahan alami tersebut. Pada bunga melati unsur aromaterapinya cukup terasa, meskipun sebenarnya ada beberapa komponen lainnya yang juga bermanfaat.

Namun di dunia industri kosmetika hanya mengambil yang bisa dimanfaatkan secara komersial. Artinya menggunakan yang mudah dikenal dan memiliki efek langsung. Bunga melati sudah menjadi bagian atau komponen pada sebagian produk kosmetika, ada istilah produk kecantikan dengan aroma bunga melati.

Juga yang tidak bisa dibilang kecil adalah pengobatan aromaterapi, ini sudah menjadi hal umumdan banyak dipakai orang. Pengobatan aromaterapi bisa menyembuhkan banyak jenis penyakit dari sisi psikologis. Meskipun orang sering menyamakan dengan sugesti, namun ada banyak penyakit yang memang berhubungan secara psikis.

Beberapa penyakit yang berhubungan dengan ketegangan jiwa atau stress memang memiliki pengaruh yang luas pada banyak penyakit kelas berat. Mulai dari hipertensi, stroke, penyakit jantung, adalah penyakit yang berhungan dengan psikis atau tekanan psikologis. Dengan meredakan tekanan psikologis ini bisa menurunkan resiko atau factor pencetus dari penyakit kelas berat tersebut.

Apalagi pada beberapa penyakit ringan seperti jerawat, yang sebenarnya juga memiliki factor psikologis yang bisa menekan proses hormonal dan terjadinya jerawat di akhir. Keadaan ini memang sedikit bisa dipengaruhi dengan pengobatan aromaterapi, seperti dengan menggunakan aroma bunga melati, yang bisa menekan factor pencetus secara psikis dan membuat keseimbangan pada metabolisme hormonal.

Memang ada banyak manfaat bunga melati yang masih perlu diteliti dan dikaji lagi. Namun untuk sementara, sudah banyak yang menggunakannya untuk tujuan pengobatan tertentu. Bagi yang sudah menggunakan sebagai perawatan kecantikan adalah hal yang umum dan sudah lama dilakukan.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger