Tips Penataan Lampu Kamar mandi

Kondisi kamar mandi yang berair dan gelap memang bisa membuat ruangannya menjadi lembab, apalagi bila tertutup rapat tanpa ada jendela atau ventilasi. Maka disini diperlukan penataan cahaya lampu yang tepat agar bisa nyaman digunakan. Meskipun sebenarnya penempatan jendela yang bagus bisa mengurangi ketergantngan akan cahaya lampu.

Memang inipun sulit dipastikan, bisa saja kamar mandinya dibangun di tengah rumah sehingga otomatis akan tertutup rapat tanpa ada cahaya alami dari luar. Meskipun sebenarnya sangat dianjurkan untuk memiliki jendela, karena berguna dalam menghilang kelembaban di dalam kamar mandi, sekaligus sinar mataharinya bisa membunuh kuman atau bakteri yang menyukai tempat yang lembab. Namun bila tidak memungkinkan, maka penataan lampu bisa menjadi krusial.

Disini ada beberapa bagian dari kamar mandi yang memerlukan penerangan lampu atau penataan cahaya lampu yang berbeda dari yang lain. Dimulai dari bagian kloset, tempat ini sering dibiarkan tanpa lampu. Padahal banyak yang suka baca novel atau Koran di bagian kloset ini, baik kloset duduk atau jongkok. Maka lebih baik sediakan lampu yang cukup terang untuk membaca.

Penyediaan lampu yang cukup terang di kloset ini juga berguna untuk melihat kondisi kloset. Ada beberapa bagian yang tersembunyi yang sering terlewatkan saat membersihkan. Maka disini pentingnya juga cahaya lampu yang cukup terang yang tidak bisa berasal dari lampu sentral. Memang banyak sih yang hanya mengandalkan satu lampu saja di bagian tengah kamar mandi.

Kemudian perhatikan juga penyedian lampu pada bagian tempat shower, meskipun tidak memungkinkan untuk membaca saat lagi mandi, namun banyak kegiatan ynag dilakukan saat berendam. Bisa juga membaca, menikmati musik atau kegiatan penting lainnya. Fungsi lampu disini akan meningkatkan penerangan di bagian tampat shower, walaupun sebenarnya cahaya alami dari luar jendela lebih disukai.

Juga yang tak kalah penting bagian wastapel pada kamar mandi, tempat ini bisa menjadi pusat kegiatan sehari hari. Bisa mulai dari sikat gigi, pakai masker wajah, merias rambut atau make-up wajah, banyak kegiatan yang bisa dilakukan di wastafel ini, yang kadang tempatnya bisa menjadi beragam fungsi. Lebih baik memang beri cahaya lampu yang cukup terang.

Memang sih penambahan banyak cahaya lampu ini bukan pemborosan tapi justru meningkatkan efisiensi pada penggunaan bagian di kamar mandi. Ini lebih dari tempat untuk membuat diri menjadi nyaman, memang namanya juga comfort room, yang harusnya memiliki dukungan cahaya lampu yang bagus dalam segala fungsinya. Namun yang jelas ventilasi dan jendela lebih disukai untuk sebuah kamar mandi yang sehat.

Sinar matahari amat sangat diperlukan untuk kesehatan sebuah kamar mandi, disamping penataan lampu di dalamnya. Juga perhatikan untuk menempatkan aplikasi atau colokan listrik jauh dari tempat air, ini untuk menjaga konsleiting dari kamar mandi. Memang pemakaian alat elektronik harus hati-hati dan hindari percikan air kealat-alat elektronik tersebut.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger