Desain Rumah dengan Banyak Jendela

Apa untungnya memiliki rumah banyak jendelanya? Sudah pasti akan terang benderang di dalamnya dan bermandikan cahaya matahari. Hanya memang akan terasa panas bila sinar matahari cukup terik, dan kondisi cuaca juga tidak mendukung.

Namun banyak desainer melihat rumah dengan banyak jendela memiliki nuansa dan keindahan eksterior tersendiri. Dimana ada kelebihan pemandangan dari banyak sisi, juga membuat corak rumah lebih bervariasi. Ada kebiasaan memberi satu jendela pada sebuah bagian ruangan, namun akan tampak begitu berbeda saat memiliki lebih dari satu jendela.

Resikonya memang bisa persoalan privasi, meskipun ini bisa juga dengan penggunaan kaca film atau tirai. Kondisi ini memang bisa disesuaikan dengan masalah yang menjadi perhatian utama. Misal bila keamanan menjadi concern, maka pemakaian teralis bisa saja digunakan, meskipun kadang tidak terlalu bagus.

Ada banyak yang harus dipertimbangkan pula dari sisi keindahan dan paduannya dengan desain yang sedang diterapkan. Bisa jadi jendela yang terlalu banyak juga tidak cocok dengan lingkungan yang terlalu basah atau kering. Disini harus dipikirkan pula pemeliharaannya juga.

Di sebuah rumah di Geneva, Swiss memiliki lebih banyak jendelah kaca daripada struktur statis lainnya. Ini memang membuat rumah bermandikan cahaya setiap harinya. Namun saat musim gugur, dimana banyak daun, debu berterbangan dan mengotori jendela kaca dengan mudahnya.

Memang ada resiko yang harus dipertimbangkan saat mendesain sebuah jendela untuk suatu rumah. Bisa juga disesuaikan dengan kondisi lingkungan sekitar, bisa jadi ada banyak keindahan yang diperoleh tapi dengan ekstra pemeliharaan yang lebih berat. Juga ada factor lain yang sering diabaikan dari keindahan eksterior jendela ini, yaitu masalah kenyamanan.

Lebih sering keindahan tidak selalu memberi kenyamanan, banyak jendela bisa juga banyak sisi yang bisa dilihat. Sebuah rumah kadang membutuhkan sebuah privasi yang diinginkan oleh pemiliknya. Jendela memang membuka akses dari luar menjadi lebih lebar.

Pada beberapa kasus, seperti intruder memang lebih sering memanfaatkan kelemahan sebuah struktur jendela. Memang tidak ada yang sempurna dari sebuah struktur, pasti ada celahnya yang bisa dimanfaatkan oleh para intruder ini. Maka disini memang perlu dipertimbangkan semua aspek resiko yang ada.

Keindahan eksterior rumah memang akan bertambah dengan banyaknya jendela yang manis coraknya. Namun inipun hendaknya tidak mengorbankan privasi dan keamanan pemiliknya. Harus selalu dipertimbangkan setiap sisi desain sebuah eksterior, baik dari sisi keindahan, pemeliharaannya, keamanan dan privasinya.

Semua memang harus diracik menjadi sebuah desain yang sempurna, sehingga tidak ada lagi perbaikan yang bisa merubah core sebuah desain. Memang jendela yang lebih banyak di rumah sangatlah indah, rumah menjadi lebih banyak bermandikan cahaya. Namun dengan resiko keamanan dan privasi yang harus dipikirkan pula.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger