Khasiat Kangkung

Sayuran kangkung boleh dibilang mudah ditemui di pasar-pasar tradisional. Harganya juga sangat murah, lebih murah dari jenis sayuran apapun. Hal ini karena memang tidak perlu mengeluarkan banyak modal untuk menanam kangkung, bahkan tinggal panen saja di pinggiran sungai. Padahal sayuran kangkung ini sangat bagus manfaatkan bagi kesehatan tubuh.

Daunnya yang hijau dan agak kekuningan bila sudah cukup tua, memiliki kandungan vitamin dan mineral yang bagus bagi kesehatan. Juga gagangnya bisa digunakan untuk obat sakit perut atau tidak bisa BAB yang efektif. Hanya memang kadang bila tidak sempurna memasaknya bisa bikin diare atau sakit perut.

Hal ini sering dialami mereka yang mengkonsumsi kangkung sungai, biasanya sudah tercemar dengan beberapa jenis bakteri atau kuman. Apalagi cara masaknya dengan model setengah matang atau urap-urap. Jelas nilai kebersihannya masih kurang, maka wajar bila terjadi sakit perut atau diare.

Memang perlu diwaspadai bila kangkung yang dibelinya adalah jenis kangkung sungai. Biasanya harganya memang sangat murah, bila dibandingkan dengan kangkung rambat yang lebih baik kondisinya. Perbedaan lainnya bisa dilihat dari bau, kebersihan dan kesegaran daunnya.

Meskipun biasanya pedagang cukup jeli dengan membersihkannya berkali-kali, tapi tidak bisa menghindarkan kandungan air di dalam gagangnya yang terendam oleh air sungai. Coba saja buka gagangnya, bila agak sedikit bau, maka hindari membelinya. Hal ini karena jenis sayuran ini tercemar oleh kotornya air sungai.

Jadi harus hati-hati dalam mengkonsumsi sayuran kangkung ini, disamping manfaatnya yang sangat besar bagi kesehatan. Memang cara memasaknya harus ekstra hati-hati, lebih baik lagi direbus sampai benar-benar mendidih dan biarkan untuk beberapa lama. Mungkin akan terlihat lebih layu, tapi akan terjaga kebersihannya.

Memang prioritaskan kebersihan sayuran dalam memasaknya, meskipun banyak yang menyukai sayuran kangkung ini dimasak secara urap-urap. Dengan campuran parutan kelapa akan terasa gurih dan nikmat. Namun lebih baik dimasak secara penuh, atau minimal dimodel oseng-oseng juga cukup bagus untuk diambil manfaatnya.

Sayuran kangkung juga dikenal memiliki kandungan zat besi yang cukup baik. Memang bisa digunakan untuk memperbaiki kondisi kurang darah atau minimal menjaga kondisi kesehatan tubuh. Sayuran kangkung sering dimasak dengan jenis sayuran lainnya, seperti sayur kacang panjang, atau sayuran jenis lainnya.

Kandungan dari gabungan sayuran lainnya akan semakin bagus bagi kesehatan. Memang jenis sayuran ini memang terkenal dengan tingginya kadar vitamin dan mineral yang sangat esensial bagi metabolisme tubuh. Maka tidak heran sayuran adalah hal penting dalam memulihkan tubuh yang sakit atau minimal menjaga kesehatan tubuh secara optimal. Jadi jangan lewatkan untuk mencicipi sayur kangkung di menu harian, kandungan gizinya sangat baik bagi kesehatan tubuh.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger