Tips Mempercantik Eksterior Depan Rumah

Seringkali bagian depan rumah terabaikan dari sentuhan keindahan, padahal setiap harinya dilewati. Mungkin terlalu lama di dalam rumah sehingga fokusnya lebih ke interior rumah daripada yang diluar. Bisa jadi rumah akan lebih menarik bila eksterior depan rumah lebih “menyala”.

Bisa saja dimulai dengan tampilan warna yang “ngejreng” sudah membuat bagian depan rumah lebih menarik. Namun perhatikan juga agar menyeimbangkan dengan warna eksterior secara keseluruhan. Jadi jangan asal buat keindahan rumah dengan berbagai warna warni coraknya, tapi lebih tepat pengaturan warnanya.

Memang bisa saja dibikin kontras antara satu bagian dengan bagian lainnya. Misal antara jendela dan dinding, juga pintu dan dinding, dibuatkan warna yang kontras satu dengan lainnya. Bila dindingnya berwarna pink, maka buat jendela dan pintunya berwarna ungu, pasti sangat menarik sekali.

Juga jangan lupa menambah asesoris pada jendela dan pintu rumah. Bisa sebuah tirai untuk jendela dan asesoris ketuk pintu di bagian atas pintu. Ini akan semakin menambah keindahan eksterior rumah. Bisa juga dengan menambah corak lampu yang eksentris.

Tentunya sesuaikan dengan desain eksteriornya, bila cukup klasik, maka corak lampu model kuno bisa melengkapi keindahannya. Memang bisa hunting jenis lampu model gini di toko lampu. Namun pastikan fungsinya cukup bagus dalam melengkapi teras rumah, bila digunakan untuk membaca, maka buat cahayanya cukup terang. Namun jika hanya sekedar penerang di depan pintu rumah cukup lampu kecil temaran juga tidak apa.

Lengkapi juga teras rumah dengan tanaman yang cukup indah di samping kiri-kanan pintu masuk. Usahakan warnanya cukup sesuai dengan warna dinding rumah. Meskipun rata-rata warna tanaman hijau, namun ada beberapa yang memiliki warna menarik dan serasi dengan dinding depan rumah yang kontras.

Jangan lupakan juga meletakan keset dengan tulisan “welcome” sebagai asesoris yang wajib di depan pintu. Ini juga bisa digunakan menjaga kebersihan rumah, sekaligus menambah keindahan teras rumah. Bila banyak toddler di rumah, alangkah baiknya pilih yang warnanya kontras, ini semakin mendidik mereka pentingnya menjaga kebersihan rumah.

Juga yang tak kalah penting adalah nomor rumah, ini menjadi petunjuk tentang posisi rumah. Namun juga bisa menjadi asesoris yang digunakan untuk merias eksterior depan rumah. Ada banyak jenis nomor rumah yang terbuat dari kayu, namun bisa juga membuatnya lebih special, misal dengan gabungan warna iluminasi yang bisa berpendar pada malam hari. Jadi akan terlihat menarik sekali pada malam hari, meskipun dengan cahaya temaram atau minim.

Bila teras rumah cukup luas, sepasang kursi bisa diletakan untuk bersantai di malam hari. Namun usahakan cukup teduh dari serangan air hujan, bila tidak memungkinkan juga tak apa tidak dipasang. Namun pada prinsipnya bisa melengkapi keindahan eksterior rumah secara keseluruhan.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger