Penggunaan Panel Surya menjadi Bagian dari Eksterior Rumah

Panel surya sebenarnya bisa digunakan untuk menambah keindahan eksterior rumah, disamping manfaat utamanya memanen energi dari sinar matahari. Namun kebanyakan orang tidak memasukan panel surya ini ke dalam bagian dari eksterior rumah sejak dari awal. Melainkan hanya menjadi peralatan tambahan pada rumah.

Padahal bila bisa memasukan dan serasi dengan eksterior rumah, tentunya bisa membuat desain rumah menjadi lebih menarik. Hal ini harus sudah direncanakan saat membangun rumah, sehingga bisa disinergikan sejak dari awal. Soalnya kebutuhan panel surya ini semakin penting dan didukung harganya yang semakin terjangkau.

Sebelumnya memang tidak terpikirkan untuk menggunakan panel surya. Harganya yang mahal dan pemeliharaan baterai yang tidak murah, sering menjadi halangan dalam penggunaan peralatan ini. Namun kondisinya sekarang berbeda, sejak teknologinya sudah semakin baik dan diproduksi masal, harganya semakin terjangkau sehingga bisa diaplikasikan menjadi bagian dari eksterior rumah.

Penggunaan panel surya pada eksterior rumah ini memang bisa membuat rumah terlihat lebih modern. Meskipun ada keluhan juga soal efek silau dari pantulan pada panel surya ini. Namun sebenarnya peletakan panel surya, baik kemiringan dan posisi terhadap lingkungan sekitar bisa dikompromikan, maka tidak ada pengaruh buruk bagi penghuni sekitarnya.

Memang selama ini kemiringan atap yang lebih curam membuat posisi panel surya ini lebih rendah efek silaunya. Di beberapa tempat bisa mengaturnya agar tidak terlalu rendah, dengan membuat kemiringan atap menjadi lebih landai. Meskipun akan ada sedikit pengaruhnya bagi intrusi air hujan pada atap rumah.

Namun yang jelas panel surya ini bisa menghemat anggaran belanja bulanan, bila ini bisa dioptimalkan. Di beberapa rumah, bahkan bisa meninggalkan ketergantungan atas listrik regular. Tentunya perlu perencanaan yang matang untuk mengatur penggunaan aplikasi listrik di rumah.

Kaitan dengan eksterior rumah, penggunaan panel surya ini sebenarnya harus direncanakan saat membangun rumah, sehingga bisa mensinergikan dengan desain rumah. Ini terutama pada pengaturan kemiringan atap, meminimalkan efek silau, dan tentunya mengoptimalkan daya guna panel surya ini. Usahakan agar panel surya ini tidak mengganggu lingkungan sekitar dalam pengaturan posisinya, baru diikuti dengan memadukan desain eksterior rumah.

Memang panel surya ini tidak bisa menggantikan fungsi sebuah atap rumah, namun bisa menutupi sisi tidak menarik pada atap rumah. Disini bisa juga dimanfaatkan untuk meminimalkan intrusi air hujan pada kemiringan atap yang tidak curam. Walhasil pada akhirnya atap rumah menjadi lebih indah dari biasanya.

Juga terlihat lebih modern, meskipun akan butuh dana ynag tidak sedikit di awal. Namun ini bisa dikompensasikan dengan anggaran bulanan untuk pemakaian listrik nantinya. Bila dikalkulasi banyak yang memperoleh keuntungan dari penggunaan panel surya ini, selain lebih ramah lingkungan.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
logo
Copyright © 2013. detipso - All Rights Reserved | Template Created by Infotipso Proudly powered by Blogger